Cara Meningkatkan Rangking Blog Dengan Subdomain

Cara Meningkatkan Rangking Blog Dengan Subdomain - Melihat judulnya anda pasti sudah menduga isinya. Tapi jangan khawatir judul itu bukan cuma pemanis seperti tulisan – tulisan diblog – blog lain (piss bro… :D ) tentang cara menaikan ranking blog. Cara ini saya dapatkan secara tidak sengaja saat melakukan ‘ritual’ blogwalking, sebuah ‘cara kuno’ yang masih sangat efisien untuk menaikan ranking blog. Selain menambah ranking, blogwalking juga sudah pasti menambah ilmu.

Sebelum Out Of Topic, saya ingin berbagi salah satu cara yang agak rumit untuk menaikan ranking blog anda, yaitu : membuat subdomain. Supaya mempersingkat waktu, sebaiknya anda langsung membaca definisinya disini atau versi londhonya disini. Tentunya cara ini hanya bisa dilakukan jika anda mempunyai self hosting blog. Anda dapat memanfaatkan fitur subdomain pada hostingan yang biasanya free dan unlimited (bebeda – beda pada setiap web hosting).

Satu hal alasan menarik jika anda membuat subdomain adalah, trafik pengunjung pada subdomain akan dihitung sebagai trafik domain utamanya (dengan beberapa syarat). Selain itu subdomain juga bisa memberikan rezeki tambahan, jika anda membuat toko online seperti saya misalnya. :-) Jadi kesimpulannya dengan membuat subdomain anda dapat mendapatkan minimal dua keuntungan sekaligus, yaitu : 1. Peningkatan Trafik ; 2. Fungsi dari subdomain itu sendiri (toko online, forum. dll).

Konsep Tutorial dibawah ini adalah: 1. Membuat Subdomain ; 2. Menginstall WordPress (lagi) atau CMS favorit anda lainnya kedalam folder tertentu. Dan perlu diketahui bahwa dalam tutorial ini saya menggunakan Web Hosting Linux dengan CPanel sebagai Hosting Managernya, jadi jika anda menggunakan Hostingan Windows, cara ini tidak berlaku untuk anda. :-)

Silahkan ikuti langkahnya :

1. Login ke CPanel/WHm hostingan anda.

2. Masuk ke File Manager, Silahkan lihat gambar

Gb. File Manager

3. Buka public_html, dan buat folder baru disana (didalam folder public_html) misalnya folder : blogbaru. Lihat gambar

Gb. root folder public_html

Gb. Buat Folder baru di public_html

4. Download source code WordPress disini (Jika anda ingin menginstall wordpress) atau CMS favorit anda lainnya.

5. Upload source code WordPress kefolder blogbaru, lalu install wordpress secara manual (tanpa Fantastico) lihat gambar

Gb. Ikon Upload

Gb. Upload Dialog File Manager

6. Kembali ke CPanel anda dan klik ikon subdomain. Lihat gambar

Gb. Ikon Subdomain

7. Masukan nama Subdomain yang anda sukai pada kolom yang disediakan (misalnya toko), dan masukan nama folder yang sudah anda buat tadi ke kolom Document Root, misalnya : blogbaru. Lihat gambar

Gb. Isi Kolom Subdomain

TIPS :

Jangan lupa untuk menambahkan /wordpress (misalnya : blogbaru/wordpress) pada document root, karena secara default source code wordpress jika diekstrak berada didalam folder wordpress (public_html/blogbaru/wordpress/file_source_code).

8. Silahkan coba mengakses subdomain baru anda, dengan mengetikan URL nya pada address bar (misalnya : http://toko.ianhafild.com)

Perlu anda ketahui bahwa subdomain anda yang baru ini, adalah sebuah blog berplatform wordpress yang tentunya memiliki karakter dan fungsi yang sama dengan blog wordpress lainnya. Dan anda jug tidak perlu mendaftarkan subdomain anda itu ke google, karena subdomain tersebut secara otomatis sudah ter-indeks oleh Google jika Domain utamanya sudah ter-indeks. Semoga bermanfaat :-)

2 komentar:

Interesting facts mengatakan...

Thanks for sharing your info. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your further write ups thanks once again.
contact form

GwGantengGak mengatakan...

Cerita Dewasa mantap

Posting Komentar